SIAP JELITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI MENULIS BAGI GURU di SMK N 6 SURAKARTA
Kata Kunci:
literasi, menulis, keterampilan, SIAP JELITAAbstrak
Kemampuan dasar literasi menulis yang berupa kemampuan membaca menulis harus menjadi prioritas utama dalam dunia pendidikan. Namun, keterampilan literasi menulis guru di SMK N 6 Surakarta masih rendah hal ini dilihat dari minimnya tulisan guru di website SMK N 6 Surakarta. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan literasi menulis guru SMK N 6 Surakarta bisa melalui strategi SIAP JELITA (motivasi, arahan dan pembimbingan dan merekam jejak literasi digital). Design penelitian ini penelitian tindakan sekolah yang dilakanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dengan pemberian motivasi, arahan dan pendampingan membuat tulisan di website. Siklus kedua dengan pemberian motivasi, arahan dan pendampingan membuat tulisan di website dan menerbitkan kumpulan tulisan website menjadi buku JELITA. Subyek penelitian ini seluruh guru SMK N 6 Surakarta yang berjumlah 87 guru. Pemberian motivasi, arahan dan pendampingan membuat guru terbantu dan terjaga semangat untuk menghasilkan produk jadi tulisan. Kumpulan produk tulisan diterbitkan menjadi buku membuat jejak literasi digital guru terdokumentasi. Penerapan strategi SIAP JELITA dapat meningkatkan keterampilan literasi menulis bagi guru SMK N 6 Surakarta.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.