POTENSI MENJADI KOMPETENSI: EKSPLORASI SEKOLAH MELALUI APLIKASI MATHCITYMAP UNTUK MELATIH KEMAMPUAN NUMERASI SISWA

Penulis

  • Arnita Cahya Saputri SMP 1 Kaliwungu Penulis

Kata Kunci:

MathCityMap, My Essaka My Adventure, Numerasi

Abstrak

Kemampuan numerasi memiliki peran penting dalam membantu individu membuat penilaian dan memilih keputusan terbaik dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hasil dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada asesmen nasional 2021 di SMP 1 Kaliwungu menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa berada dalam kategori yang rendah. Di sisi lain, pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah dapat menjadi salah satu upaya untuk melatih kemampuan numerasi siswa melalui kegiatan eksplorasi. Lingkungan sekolah memiliki potensi untuk digunakan sebagai sumber belajar dan latihan dalam mengembangkan kemampuan numerasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi lingkungan SMP 1 Kaliwungu melalui MathCityMap (MCM) untuk melatih kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang diterapkan pada mata pelajaran IPA. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP 1 Kaliwungu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,  dokumentasi, dan angket yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan eksplorasi SMP 1 Kaliwungu melalui MCM yang dilakukan dengan aktivitas dalam math trail My Essaka My Adventure dapat melatih kemampuan numerasi siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran, dokumentasi, serta hasil penilaian angket. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi sebagai upaya dalam melatihkan kemampuan numerasi melalui kegiatan mengeksplorasi lingkungan sekolah untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar dengan memanfaatkan teknologi.

Diterbitkan

2024-05-13