IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS APLIKASI SANTUN UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK

Penulis

  • Slamet Hari Pambudi SDN Pakintelan 01 Kota Semarang Penulis

Kata Kunci:

perundungan, karakter, digitalisasi

Abstrak

Perundungan merupakan salah satu dari tiga dosa besar dalam dunia pendidikan. Perundungan memberikan dampak buruk bagi peserta didik. Peserta didik yang  menjadi korban perundungan cenderung mengalami penurunan  kepercayaan diri. Sekolah yang seharusnya menjadi rumah kedua bagi peserta didik, ternyata belum menjadi tempat yang aman dari perundungan. Penelitian ini ditulis dengan tujuan mendeskripsikan bagaimana implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Bangunlah Jiwa Dan Raganya Berbasis Aplikasi SANTUN (Siswa Anti Perundungan) mampu mencegah dan menanggulangi perundungan yang ada di sekolah. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis aplikasi SANTUN  efektif dan optimal dalam meningkatkan pemahaman tentang dampak perundungan serta menurunkan kasus perundungan yang ada di sekolah. Dampak nyata dengan adanya kegiatan ini adalah peserta didik memahami tentang pengertian, jenis dan dampak perundungan serta melakukan aksi nyata mengkampanyekan anti perundungan kepada peserta didik yang lain.

Diterbitkan

2024-05-13