PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN CAPLET (CANVA DAN PADLET, MENDORONG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA RECOUNT TEXT
Kata Kunci:
PBL, Padlet, Pembelajaran berdiferensiasi, reading skill, recountAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Problem Based Learning (PBL) berbantuan Padlet membantu guru dalam pembelajaran berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka terutama dalam meningkatkan pemahaman siswa materi teks recount. Prosedur dalam penerapan Canva Padlet dalam PBL adalah perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analitis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL berbantuan Canva Padlet menunjukan bahwa guru dapat meningkatkan proses pembelajaran berdiferensiasi lebih baik berdasarkan hasil angket menunjukkan 89% setuju kebermanfaatan di pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu, pemahaman membaca di kelas X A meningkat berdasarkan hasil pre-tes yaitu 72,72 meningkat menjadi 84,72 dalam pos-tes. Kemudian, proses pembelajaran menjadi terkelola dengan baik dan mengarahkan siswa tetap dalam jalur proses pembelajaran dimana pun dan kapan pun dengan aplikasi Padlet. Dapat disimpulkan bahwa baik siswa maupun guru mendapatkan dampak kebermanfaatan dari implementasi PBL berbantuan Canva Padlet dalam proses Pembelajaran Berdiferensiasi di materi Recount Text.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.