PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY DI SEKOLAH BERASRAMA: SEBUAH NARATIF OTOBIOGRAFI
Kata Kunci:
Professional Learning Community, sekolah berasrama, naratif otobiografiAbstrak
Makalah ini bertujuan mengekplorasi pengalaman penulis sebagai kepala sekolah dalam membangun komunitas belajar di sekolah kejuruan berasrama selama 3 tahun. Pedekatan fenomenologis skala kecil digunakan dalam menggali pengalaman dengan naratif otobiografi. Meskipun sudah banyak ragam kajian tentang komunitas memberi dampak terhadap peningkatan mutu sekolah, namun masih sedikit kajian tentang pengembangan komunitas belajar di sekolah berasrama secara kolektif dan kolaboratif. Professional Learning Community dibangun dalam bentuk komunitas belajar dengan kerangka siklus berkelanjutan dari Richard dan Rebecca DoFour. Hasil kajian ini adalah 5 tahap siklus komunitas belajar yang dituangkan kedalam sebuah cerita pengalaman kepala sekolah terdiri dari; 1)pengumpulan bukti, 2)pengembangan ide, 3)implementasi, 4)refleksi dan 5)strategi baru. Kontribuasi makalah ini bisa menjadi bukti empiris dalam membangun gerakan sekolah yang berfokus kepada kebutuhan murid. Penelitian kedepan bisa dikembangkan baik dari cara pendekatan, analisis maupun desain komunitas pembelajaran yang berbeda.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.