MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN PADA MURID KELOMPOK A

Penulis

  • Siesca Ismiyatiningrum TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan Penulis

Kata Kunci:

budaya literasi, pembelajaran yang menyenanangkan, minat baca

Abstrak

Literasi masyarakat Indonesia masih rendah maka perlu upaya untuk menumbuhkan budaya literasi mulai sejak usia dini. Menumbuhkan budaya  literasi dimulai dari mengenali minat-minat yang ada pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi pada anak melalui pembelajaran yang menyenangkan agar anak-anak dapat mengenal huruf dan angka sambil bermain  di  luar  kelas  sehingga  tercipta  suasana  yang  seru  dan  menyenangkan, mengembangkan karakter siswa dan menciptakan pembelajar  sepanjang hayat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif  kualitatif. Subyek penelitian yang digunakan sebagai sumber data adalah murid kelompok A3 DI TK Aisyiyah 01 Ketanggungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan yang dilakukan untuk menumbuhkan budaya literasi di sekolah melalui pembelajaran yang menyenangkan terbukti menambah ketertarikan anak terhadap buku-buku cerita, meningkatkan fokus dan konsentrasi pada anak, menambah perbendaharaan kosakata baru, kemampuan memahami suatu informasi semakin meningkat, mengembangkan keterampilan abad 21 (kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolabrasi dan kreativitas), mengembangkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bercerita di depan kelas serta tingginya antusias anak mengikuti berbagai  kegiatan pembelajaran yang  difasilitasi  oleh  sekolah.

Diterbitkan

2024-11-29