MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN PADA MURID KELOMPOK A
Kata Kunci:
budaya literasi, pembelajaran yang menyenanangkan, minat bacaAbstrak
Literasi masyarakat Indonesia masih rendah maka perlu upaya untuk menumbuhkan budaya literasi mulai sejak usia dini. Menumbuhkan budaya literasi dimulai dari mengenali minat-minat yang ada pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi pada anak melalui pembelajaran yang menyenangkan agar anak-anak dapat mengenal huruf dan angka sambil bermain di luar kelas sehingga tercipta suasana yang seru dan menyenangkan, mengembangkan karakter siswa dan menciptakan pembelajar sepanjang hayat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yang digunakan sebagai sumber data adalah murid kelompok A3 DI TK Aisyiyah 01 Ketanggungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan yang dilakukan untuk menumbuhkan budaya literasi di sekolah melalui pembelajaran yang menyenangkan terbukti menambah ketertarikan anak terhadap buku-buku cerita, meningkatkan fokus dan konsentrasi pada anak, menambah perbendaharaan kosakata baru, kemampuan memahami suatu informasi semakin meningkat, mengembangkan keterampilan abad 21 (kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolabrasi dan kreativitas), mengembangkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bercerita di depan kelas serta tingginya antusias anak mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran yang difasilitasi oleh sekolah.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.