PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VR (VIRTUAL REALITY) DI SMP NEGERI 2 PATIMUAN CILACAP
Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Media, VR (Virtual Reality)Abstrak
Perubahan budaya belajar menimbulkan masalah yakni peserta didik seringkali mengantuk dan kurang bersemangat dalam belajar. Saat ini peserta didik sudah mulai mengenal teknologi dan terbiasa belajar dengan menggunakan sumber belajar digital. Upaya pendidik untuk memberikan pembelajaran dengan wajah baru dengan memanfaatkan teknologi.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengenalkan media VR (Virtual Reality) pada pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan bentuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah media VR (Virtual Reality) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Patimuan Cilacap dibuktikan dengan hasil angket yang diberikan setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran VR (Virtual Reality). Dampak nyata dari adanya media ini adalah adanya perubahan perilaku positif dalam pembelajaran, peserta didik lebih bersemangat dalam menerima materi, tingkat rasa ingin tahu menjadi tinggi, dan suasana belajar di kelas lebih menyenangkan.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.