EFEKTIVITAS METODE “COMENI” DALAM PENDAMPINGAN INDIVIDU CALON GURU PENGGERAK DI KABUPATEN PATI
Kata Kunci:
comeniAbstrak
Slogan guru penggerak “tergerak, bergerak dan menggerakkan” hadir sebagai penyemangat baru dalam mewadahi guru melalui pendidikan guru penggerak. Program Guru Penggerak yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bertujuan untuk mengembangkan guru sebagai agen perubahan yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan efektif. Salah satu komponen utama program ini adalah pendampingan individu, yang memberikan dukungan personal dan profesional kepada calon guru penggerak. Sebagai pengajar praktik, guru mendapatkan pengalaman langsung dalam berinteraksi di sekolah calon guru penggerak, kepala sekolah dan siswanya. Pengajar praktik melakukan pendampingan dengan model “Comeni” yatu coaching, mentoring, refleksi diri. Penulis tertarik untuk mengkaji efektivitas metode coaching, mentoring, refleksi diri dalam pendampingan individu bagi calon guru penggerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis literatur dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga metode ini efektif dalam meningkatkan kompetensi profesional, keterampilan reflektif, dan kemampuan kepemimpinan guru. Integrasi dari ketiga metode tersebut terbukti memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan calon guru penggerak.
Kata Kunci: Guru Penggerak, pendampingan individu, comeni.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.