PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIPUTIH MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE
Kata Kunci:
crossword puzzle , minat belajar, siswa, IPAS, kualitatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN Kaliputih kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data dengan deskriptif baik deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif mengacu dari lembar angket dan lembar observasi. Kelebihan dari metode pembelajaran dengan crossword puzzle yaitu sebagai berikut: (1) menumbuhkan keaktifan siswa; (2) membantu berkembangnya kemandirian siswa; (3) menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diri siswa. siswa di kelas IV SDN Kaliputih, diketahui minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS masih rendah, siswa asik bermain dengan sesama temannya pada saaat proses pembelajaran berlangsung karena bosan dengan banyaknya materi yang harus dipelajari. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang pas untuk materi yang ada pada pembelajaran IPAS kelas IV semester II. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa meningkat dari 53,33 % sebelumnya menjadi 100% setelah pembelajaran IPAS dilakukan menggunakan crossword puzzle.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.