PENGEMBANGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM PROJEK KOLABORASI ANTAR MATA PELAJARAN DI SMK NEGERI 7 SURAKARTA

Penulis

  • Anggara Aditya Kurniawan Penulis Penulis

Kata Kunci:

pengembangan karakter, pembelajaran intrakurikuler, kerjasama antar guru

Abstrak

Tujuan utama dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila yang nampak dari temuan pelaksanaan pembelajaran berupa projek kolaborasi antar mata pelajaran di SMKN 7 Surakarta. Proses pembelajaran diharapkan lebih efektif dan berdampak positif pada kompetensi peserta didik di masa depan.  Fokus pengembangan dimensi Profil Pelajar Pancasila pada empat dari enam dimensi yang ada yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, bergotong-royong, bernalar kritis dan kreatif. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif ex post facto. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tenik mereduksi data, penyajian data, triangulasi, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program projek kolaborasi antar mata pelajaran dalam satu projek terlihat adanya perkembangan dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila peserta didik berdasarkan indikator elemen antara lain adanya karakter unik setiap peserta didik sebagai pelajar yang berakhlak mulia, yang siap untuk bekerja sama atau berkolaborasi dan memberikan kontribusi positif di dunia sebagai warga global yang berdaya, berfikir kritis terhadap fakta dan fenomena sosial serta meningkatnya kreatifitas dan empati selama proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-02