ANALISIS SISTEM SOSIAL MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Kata Kunci:
sistem sosial , Problem Based Learning, hasil belajarAbstrak
Pengaplikasian model pembelajaran problem-based learning memerankan peran penting dalam strategi pencapaian tujuan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Aplikasi komponen sistem sosial pada problem based learning meyakini bahwa peserta didik mampu untuk bekerja sama dan memiliki kebebasan dalam menuangkan kreatifitas dalam proses pembelajaran. Pada analisis sistem sosial ini bertujuan (1) untuk membuktikan salah satu komponen dalam sistem sosial yang berperan menciptakan interaksi antara guru dan peserta didik, (2) Pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran (3) sistem sosial dalam problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Analisis sistem sosial ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mengkaji tentang pengejawantahan sistem sosial sebagai upaya menambahkan prestasi belajar peserta didik. Hasil telaah penelitian ini menampilkan penerapan sistem sosial pembelajaran problem based learning belum secara optimal keberadaannya dalam bekerja sama dan interaksi dua arah selama aktivitas belajar mengajar di kelas berlangsung, namun menunjukkan peningkatan keaktifan peserta didik dan masih kurang optimalnya pemerolehan prestasi belajar peserta didik.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.