PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN TIGA PARAGRAF (PENTIGRAF) MELALUI CAMODIF (CARI, AMATI, DAN MODIFIKASI

Penulis

  • Nyamat SMP Negeri 3 Pati Penulis

Kata Kunci:

Kompetensi, pembelajaran, menulis, pentigraf, camodif

Abstrak

Kemampuan siswa akan tanpak lebih baik jika tugas-tugas yang dikerjakan sesuai dengan keterampilan dan pemahamnya.  Selain itu tugas-tugas dalam kegiatan pembelajaran efektif apabila memicu keingintahuan serta hasrat dalam diri (minat siswa) dan tugas tersebut memberi kelonggaran siswa untuk menentukan cara belajar yang benar-benar siswa suka (profil belajar). Permasalahan penelitian ini bagaimana peningkatan kompetensi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen tiga paragraf (pentigraf) melalui camodif (cari, amati, dan modifikasi). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kompetensi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen tiga paragraf (pentigraf) melalui camodif (cari, amati, dan modifikasi). Penelitian ini menggunaka dua siklus penelitian tindakan kelas (PTK) karena akhir siklus kedua tercapai keberhasilan tindakan, maka penelitian ini dihentikan. Jika hasil penelitian belum tercapai perlu melakukan siklus ketiga. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) merencanakan (planning), (2) melaksanakan (action), (3) mengamati (observation), serta (4) melakukan refleksi (reflection) pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kompetensi siswa dalam menulis cerpen tiga paragraf (pentigraf) camodif (cari amati, dan modifikasi) khusunya pada siklus II diperoleh peningkatan yang signifikan menjadi 23 siswa atau 77% siswa yang mampu menulis pentigraf. Siswa yang masih perlu diperbaiki pentigrafnya 7 siswa atau 23%. Pembelajaran menulis cerpen tiga paragraf (pentigraf) melalui camodif (cari, amati, dan modifikasi) disampaikan dengan beberapa tahap. Pertama, memperkenalkan siswa tentang teks karya fiksi yaitu pentigraf yang di dalamnya terdapat unsur fiksi. Setelah itu mereka mengamati informasi yang terdapat pada pentigraf yang telah dikenali dari pencarian tersebut. Tahap terakhir siswa dapat memodifikasi pentigraf tersebut dalam karya mereka baik berupa ulasan maupun cerpen asli karya mereka sendiri.

Diterbitkan

2025-05-31