KAJIAN IPS SEBAGAI SALURAN PERUBAHAN SOSIAL PEMBELAJARAN PADA GENERASI ALPHA
Kata Kunci:
IPS, generasi alpha, perubahan, pembelajaran, pendidikanAbstrak
Proses pembelajaran tercipta jika terdapat proses interaksi antara guru bersama murid-muridnya, dengan indikator terjadinya perubahan pola pikir serta keterampilan dalam bentuk pengetahuan dan pengalaman yang tidak diketahui sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka dimana metode yang dimanfaatkan sebagai alat pengumpul data yang berasal dari beragam sumber namun masih terdapat keterkaitan dengan tema tertentu yang akan dikaji oleh peneliti secara mendalam. Penelitian kualiatif sebagian besar berbentuk deskriptif serta mengarah pada pola pendekatan induktif, sehingga situasi dan kondisi tulisan berdasarkan sudut pandang subyek lebih mendominasi dalam penelitian yang dilakukan. Proses pembelajaran IPS terkait dengan kajian materi IPS memerlukan penekanan peningkatan literasi media melalui gawai digital, sehingga murid mampu memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Selain itu mereka memperoleh beragam informasi serta memilah maupun memilih informasi yang bermanfaat bagi dirinya. Guru diharapkan melakukan pembelajaran di kelas dengan cara-acara yang inovatif serta memfasilitasi murid generasi alpha agar memiliki keterampilan multitasking. Kajian IPS disampaikan merekonstruksi kebiasaan masyarakat yang terstruktur dan jika diterapkan dalam kondisi nyata, maka akan menjadi sarana perubahan sosial pembelajaran bagi murid.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.