MENGATASI HAMBATAN BELAJAR SISWA KELAS X AKL SMKN 2 TEMANGGUNG MENGGUNAKAN APLIKASI MICROLEARNING BERBASIS NEARPOD
Kata Kunci:
Microlearning , Nearpod , hambatan belajarAbstrak
Generasi Z menghadapi hambatan dalam mengikuti pembelajaran konvensional karena mereka terbiasa menggunakan smartphone untuk berbagai kebutuhan. Hambatan tersebut meliputi kurangnya konsentrasi dan keterlibatan siswa. Peneliti melakukan inovasi dengan menggunakan aplikasi microlearning berbasis Nearpod. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penggunaan media pembelajaran tersebut pada siswa kelas X AKL di SMKN 2 Temanggung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, survei, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan microlearning berbasis Nearpod dapat meningkatkan konsentrasi dan keterlibatan siswa, serta memberikan dampak positif terhadap hasil belajar. Generasi Z cenderung antusias menggunakan media yang modern dan interaktif.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.