PUZZLE EKONOMI SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MATERI PERAN PELAKU EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI EKONOMI 1 SMA N 1 MRANGGEN DEMAK
Kata Kunci:
CTL, Peran Pelaku Ekonomi, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Peran pelaku ekonomi merupakan salah satu materi pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI, pada materi ini peserta didik kesulitan memahami konsep dan istilah istilah ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dengan media puzzle ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan keaktifan, dan meningkatkan ketuntasan belajar klasikal peserta didik pada materi peran pelaku ekonomi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan di SMA N 1 Mranggen pada semester 1 tahun 2023/2024. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas XI Ekonomi 1. Sumber data diperoleh dari tes dan non tes peserta didik, hasil observasi guru sebagai peneliti dan kolaborator. Hasil penelitian terjadi peningkatan rata rata nilai dari 73 pada siklus 1 meningkat menjadi 78 pada siklus 2. Ketercapaian ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari 72 % menjadi 83 % pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran CTL dengan media puzzle ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan keaktifan, dan meningkatkan ketuntasan belajar klasikal peserta didik pada materi peran pelaku ekonomi pada peserta didik kelas XI ekonomi 1.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.