PERSEPSI GURU BAHASA INGGRIS SMK TERHADAP APLIKASI MICROSOFT READING COACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SISWA
Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Literasi, Reading CoachAbstrak
Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran Bahasa Asing yang masih menjadi momok bagi para siswa. Sebagai salah satu mata pelajaran bahasa, Bahasa Inggris berperan dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa. Berbagai metode, teknik serta media telah dikembangkan untuk dapat mencapai hasil yang maksimal. Salah satu media yang kini mulai digunakan oleh guru Bahasa Inggris adalah dengan memanfaatkan teknologi AI. Tujuan dari penelitian eksploratif ini adalah untuk menguji persepsi dan pengalaman guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Kejuruan dalam menggunakan aplikasi Microsoft Reading Coach untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa. Tiga puluh guru berpartisipasi dalam survei, dan 15 di antaranya setuju untuk diwawancarai dalam penelitian ini. Untuk analisis data, tanggapan survei terlebih dahulu dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Kemudian, wawancara dianalisis melalui analisis tematik, yang merupakan cara yang berguna untuk mengeksplorasi tema dan pola yang berulang dalam analisis data kualitatif. Temuannya mengungkapkan bahwa guru menganggap aplikasi Microsoft Reading Coach berguna dan efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa. Para partisipan menyampaikan keterjangkauan dan tantangan dalam menggunakan aplikasi Microsoft Reading Coach.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.