TRANSFORMASI PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI DIGITAL LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Dian Marta Wijayanti SDN Gajahmungkur 03 Penulis

Kata Kunci:

transformasi pendidikan, kepemimpinan, kepemimpinan digital, sekolah dasar, kurikulum merdeka

Abstrak

Transformasi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka menghadapi berbagai tantangan. Implementasi Kurikulum Merdeka menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan, dan waktu pembelajaran yang terbatas. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan implementasi transformasi pendidikan kepemimpinan digital (digital leadership). Metode yang digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  kualitatif  dengan  desain  studi  kasus  pada 4 Sekolah Dasar  (SD)  yaitu  SDN Lamper Lor, SDN Jabungan, SDN Jatibarang 03, SDN Pakintelan 02 Kota Semarang. Pengumpulan  data dilakukan melalui wawancara kepada Kepala Sekolah. Temuan dari  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  empat  sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah dari lulusan Pendidikan Guru Penggerak  telah  mengimplementasikan  digital leadership sebagai upaya mencapai transformasi pendidikan. Pencapaian yang telah dilakukan mencakup tujuh pilar kepemimpinan digital yaitu student engagement and learning, student spaces and environment, professional learning and growth, communication, public relations, branding, dan opportunity. Penelitian ini memberi kontribusi pada gambaran yang lebih menyeluruh terkait implementasi digital leadership yang dilakukan oleh kepala sekolah agar transformasi pendidikan di sekolah dasar tercapai.

Diterbitkan

2025-05-31