TRANSFORMASI PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI DIGITAL LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
transformasi pendidikan, kepemimpinan, kepemimpinan digital, sekolah dasar, kurikulum merdekaAbstrak
Transformasi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka menghadapi berbagai tantangan. Implementasi Kurikulum Merdeka menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan, dan waktu pembelajaran yang terbatas. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan implementasi transformasi pendidikan kepemimpinan digital (digital leadership). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan desain studi kasus pada 4 Sekolah Dasar (SD) yaitu SDN Lamper Lor, SDN Jabungan, SDN Jatibarang 03, SDN Pakintelan 02 Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada Kepala Sekolah. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa empat sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah dari lulusan Pendidikan Guru Penggerak telah mengimplementasikan digital leadership sebagai upaya mencapai transformasi pendidikan. Pencapaian yang telah dilakukan mencakup tujuh pilar kepemimpinan digital yaitu student engagement and learning, student spaces and environment, professional learning and growth, communication, public relations, branding, dan opportunity. Penelitian ini memberi kontribusi pada gambaran yang lebih menyeluruh terkait implementasi digital leadership yang dilakukan oleh kepala sekolah agar transformasi pendidikan di sekolah dasar tercapai.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.