PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 BELIK PADA MATERI HUKUM NEWTON
Kata Kunci:
Problem Based Learning , Hasil Belajar, Hukum NewtonAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran pada materi Hukum Newton. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimen.‘Subjek penelitian adalah 36 siswa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Belik sebagai kelas kontrol dan 38 siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Belik sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis berbentuk essay. Data hasil penelitian dianalisis menunjukkan uji U-mann whitney dengan α = 5% diperoleh nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,001,’sehingga menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Hukum Newton. Hasil effect size pada pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning menunjukkan adanya pengaruh sebesar 39,44% terhadap hasil belajar yang diperoleh oleh siswa pada materi Hukum Newton di SMP Negeri 4 Belik.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.