PENGGUNAAN KOMPAS BAIM (KOMIK PEMBELAJARAN PUBERTAS BERBANTUAN GIM) PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V
Kata Kunci:
pembelajaran IPAS, motivasi, hasil belajar, pubertasAbstrak
Pembelajaran IPAS membekali siswa untuk mampu menyikapi berbagai tantangan kehidupan manusia dan kaitannya dengan alam semesta. Materi pubertas menjadi salah satu materi penting bagi siswa. Materi ini membekali siswa untuk paham dan mampu mengatasi perubahan diri yang terjadi pada masa pubertas. Namun materi ini tersaji secara teoritis, sehingga pada proses pembelajarannya, siswa kesulitan memahami materi dan menunjukkan keterlibatan belajar yang rendah. Hal tersebut tercermin melalui hasil pretest motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Peneliti melalukan inovasi penggunaan media KOMPAS BAIM (Komik Pembelajaran Pubertas Berbantuan Gim) sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media KOMPAS BAIM terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes hasil belajar dan teknik non tes berupa angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media KOMPAS BAIM. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media KOMPAS BAIM efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS materi pubertas.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.