IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SDN PANGKALAN
Kata Kunci:
Modul pembelajaran interaktif, pemecahan masalah, matematikaAbstrak
Di era globalisasi ini, pendidikan dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai dasar pembangunan tatanan sosial dan ekonomi. Salah satu aspek penting dalam membangun keterampilan berpikir kritis adalah melalui pendidikan Matematika. Namun, pada kenyataannya, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan modul pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan kuasi eksperimen. Populasi penelitian berasal dari siswa kelas V pada Gugus Diponegoro Kecamatan Margoyoso yang berjumlah 8 SD, dengan sampel dari kelas V SDN Pangkalan sebagai kelas eksperimen dan SDN Pohijo 02 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian tes awal (pretest) dan akhir (posttest). Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa implementasi modul pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai postest sebesar 25 poin dan peningkatan nilai N-Gain 0,65 yang menunjukkan efektivitas yang cukup signifikan.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.