METODE GERAK LIDINYA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI RANGKAIAN LISTRIK BERBASIS PROYEK BUZZ WIRE GAME
Kata Kunci:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Project Based Learning, Rangkaian ListrikAbstrak
Materi pembelajaran rangkaian listrik memiliki konsep yang bersifat abstrak sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Maka perlu adanya model pembelajaran yang tepat untuk mengakomodir kebutuhan belajar siswa. Dimana setiap siswa memiliki minat, potensi, dan bakat yang berbeda agar nantinya tidak terjadi kesenjangan belajar. Best Practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tahapan pelaksanaan, hasil, dan dampak metode GERAK LIDINYA pembelajaran berdiferensiasi rangkaian listrik berbasis proyek Buzz Wire Game. Metode GERAK LIDINYA terdiri dari 4 tahapan yaitu Grup, Interaksi, Literasi digital, dan Aksi nyata. Hasil implementasi metode GERAK LIDINYA efektif meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran rangkaian listrik. Selain itu siswa memiliki pengalaman bermakna yang dihubungkan dengan kompetensi abad 21 (creative, collaborative, communication, & critical thinking). Adapun produk dari hasil proyek siswa juga bervariasi sesuai dengan tantangan dari ekspresi kreativitas siswa. Hal ini tidak terlepas dari strategi pembelejaran berdiferensiasi yang diterapkan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.