BENING (Blended Learning) MERRDEKA, STRATEGI QUALITY IMPROVEMENT PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMPN 1 TLOGOMULYO

Penulis

  • Yuliana Dewi Marithawati SMPN 1 Tlogomulyo Penulis

Kata Kunci:

Bening Merrdeka, Quality Improvement, pembelajaran berdiferensiasi

Abstrak

SMPN 1 Tlogomulyo sebagai sekolah penggerak pada tahun 2021 merupakan sekolah angkatan pertama yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada siswa menjadi tantangan bagi sekolah dalam menyiapkan SDM unggul yang dapat mengelola pembelajaran berkualitas. Strategi peningkatan kualitas (quality improvement)  pembelajaran berdiferensiasi melalui pengawasan pembelajaran campuran (blended learning) alur merrdeka menjadi solusi bagi kepala sekolah dalam melakukan pengawasan pembelajaran yang efektif dan efisien.  Best Practice ini bertujuan mendekripsikan bagaimana tahapan pelaksanaan, hasil dan dampak  blended learning (bening) alur merrdeka sebagai strategi quality improvement pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 1 Tlogomulyo.  Implementasi Blended learning (Bening) merrdeka selama 3 semester yaitu semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2021/2022 serta semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran berdiferensiasi yang ditunjukkan dengan peningkatan kompetensi pedagogik dan penguasaan teknologi pada guru, serta perbaikan budaya belajar siswa dan guru. Bening merrdeka juga berdampak pada budaya positip sekolah yaitu pembelajaran bermakna yang berpusat pada siswa dan budaya pembelajaran berbasis digital, serta peningkatan motivasi berprestasi bagi warga sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-02