PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 26 SURAKARTA
Kata Kunci:
Problem Based Learning, motivasi, teks deksripsiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan keterampilan peserta didik pada materi menulis teks deskripsi melalui penerapan Model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 26 Surakarta yang berjumlah 32 orang. Penelitian yang dilakukan ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data yang didapatkan dari penelitian ini diperoleh dari guru dan peserta didik. Data diperoleh melalui observasi. Permasalahan yang didapatkan yaitu kurangnya motivasi dan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa. Permasalahan yang terjadi membuat peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan motivasi dan keterampilan peserta didik terjadi secara bertahap, pada siklus 1 masih masuk dalam kategori kurang memenuhi ketuntasan dengan presentase sebesar 38,46%, pada siklus 2 mengalami peningkatan presentase menjadi 69,23%, dan pada siklus 3 mengalami peningkatan presentase sebesar sebesar 84,61% Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII C di SMP Negeri 26 Surakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.