PENGEMBANGAN MODUL AJAR INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Tata Surya, Modul Ajar InteraktifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar interaktif untuk pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran IPAS materi tata surya di SD kelas VI serta mengetahui kelayakan modul ajar interaktif sebagai sumber belajar yang dikembangkan dan di tinjau dari aspek materi, media, dan diferensiasi berdasarkan penilaian para ahli. Sampel dalam penelitian ini ialah SD Negeri Negla 04 peserta didik kelas VI berjumlah 25 anak. Menggunakan metode (Research and Development) dengan tahapan pengembangan perangkat pembelajaran model 4D. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner, dan tes. Metode pengumpulan data dengan teknik kuesioner, tes, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian berupa modul ajar interaktif untuk pembelajaran berdiferenisasi. Pengujian ahli media, materi, dan diferensiasi proses menunjukkan kriteria baik sekali. Percobaan di kelas memperoleh peningkatan skor posttest 81,60 dengan selisih 20, sedangkan skor kuesioner keterampilan proses 73,2 dengan kriteria baik, skor rata-rata motivasi peserta didik sebesar 80,17, dan minat peserta didik sebesar 80,50 keduanya mendapatkan kriteria sangat baik. Maka modul ajar interaktif untuk pembelajaran berdifereniasi layak digunakan sebagai bahan pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar, minat dan motivasi peserta didik. Tahap penyebarluasan dilakukan di blogger dengan alamat URL: https://mediasekolahdasar.blogspot.com/.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.