PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PanDeCo PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFFERENSIASI
Kata Kunci:
desmos, ecoprint, matematika, peragaAbstrak
Pembelajaran matematika selayaknya mengakomodir kebutuhan murid, bersifat esensial, memiliki cakupan lokal sekaligus global, mendukung program adiwiyata, dan pembelajaran ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Bahan Ajar PanDeCo yaitu PanTasi (Papan Transformasi), Bahan Ajar berbasis Web Desmos, dan Batik Ecoprint motif Transformasi untuk meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan dimensi kreatif Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini termasuk dalam kategori Penelitian dan Pengembangan (RnD) dengan produk bahan ajar matematika PanDeCo materi Transformasi kelas XI. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Pengembangan bahan ajar PanDeCo mempunyai nilai validitas 3,28, aspek keterlaksanaan 3,50 dan termasuk kategori baik. Penelitian bahan ajar panDeCo ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar dengan statitik uji F dengan nilai F hitung 7,965433
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.