PENERAPAN MODEL SATAP SOLUSI UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI PESERTA DIDIK
Kata Kunci:
literasi, model, SATAPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model SATAP sebagai solusi dalam mengembangkan literasi peserta didik. Literasi merupakan keterampilan kritis yang penting dalam pemahaman, komunikasi, dan keberhasilan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek penelitian terdiri dari guru dan peserta didik di SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu yang menerapkan Model SATAP dalam program literasi di sekolah. Penerapan Model SATAP dalam menumbuhkan literasi peserta didik di SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu ini dimulai dari Saring permasalahan yang ada, Analisis Kondisi dan SWOT Sekolah, Targetkan Perubahan yang akan dilalui, Aktualisasikan dalam program kerja, Publikasikan hasil dari program kerja. Hasil yang diperoleh dalam melaksanakan program literasi berbasis model SATAP ini adalah sekolah telah mampu menyaring permasalahan literasi yang ada dan urgent untuk digali solusinya sehingga dalam pelaksanaan program literasi dapat berjalan dengan baik. Model SATAP memberikan konteks yang lebih nyata dan relevan dalam pembelajaran literasi sehingga peserta didik lebih termotivasi dan berpartisipasi aktif dalam program literasi. Temuan ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah dan pengembangan literasi. Model SATAP Solusi dapat menjadi sarana yang efektif dalam menumbuhkan literasi peserta didik. Kedepan perlu adanya pelaksanaan praktik yang lebih intensif sehingga kedepan model SATAP ini dapat dijalankan dengan lebih baik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.