LIBERTI (LITERASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DIGITAL) STRATEGI CGP MENINGKATKAN LITERASI PEMBELAJARAN DI KELAS

Penulis

  • Sidi Narbuko SMP Negeri 3 Cepiring Penulis

Kata Kunci:

CGP, literasi, teknologi informatika

Abstrak

Penelitian  ini ditulis sebagai hasil dari aksi nyata Calon Guru Penggerak (CGP) dalam implementasi pengelolaan program yang berdampak positif pada murid. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi CGP dalam melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat yaitu guru mata pelajaran dalam meningkatkan kemampuan literasi mata pelajaran di dalam kelas. Permasalahan muncul karena menurunnya nilai raport sekolah tahun 2023. Akar masalahnya, murid mengalami kesulitan dalam membaca, ketertarikan membaca buku rendah, dan perpustakaan sepi. Literasi Berbasis Teknologi Informasi Digital (Liberti) adalah strategi guru untuk meningkatkan kemampuan literasi materi pelajaran di dalam kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Liberti ini menjadi solusi alternatif agar dapat meningkatkan budaya literasi serta berdampak terhadap kemampuan pembelajarannya di kelas. Hasil penelitian ini adalah 1) adanya kesadaran guru dalam strategi literasi pembelajaran di kelas, 2) upgrade pengetahuan dan praktik baik guru, 3) perubahan sikap yang baik dan 4) peningkatan keterampilan untuk melakukan literasi berbasis teknologi informatika

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-25