IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PAIBP BERBASIS SOSIOKULTURAL MASYARAKAT SETEMPAT DI SMP 2 BAE
Kata Kunci:
Moderasi Beragama, Pembelajaran PAIBP, Sosiokultural Masyarakat SetempatAbstrak
Penelitian ini disusun bertujuan untuk mengetahui implementasi moderasi beragama melalui pembelajaran PAIBP berbasis sosiokultural masyarakat setempat. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Peneliti menjawab rumusan masalah dengan menggunakan analisa data yang bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi digunakan untuk menguji keabsahan data penelitian yang diambil dari sumber data primer maupun sekunder. Hasil penelitian ini ada tiga hal. Pertama, moderasi beragama di SMP 2 Bae sudah terlaksana dengan 9 nilai moderasi beragama yaitusikap tengah-tengah, tegak-lurus, toleransi, musyawarah, reformasi, kepeloporan kewargaan/cinta tanah air, anti kekerasan dan ramah budaya pada siswa. Kedua, penerapan pembelajaran PAIBP berbasis sosiokultural masyarakat setempat dengan cara mengajak kepada seluruh siswa untuk mencari tradisi dan kebudayaan masyarakat setempat yang ada di wilayah masing-masing. Ketiga, pembelajaran PAIBP berbasis sosiokultural masyarakat setempat di SMP 2 Bae ini berhasil menumbuhkan nilai moderasi beragama dan bentuk konkret dari penerapan Kurikulum Merdeka. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran PAIBP berbasis sosiokultural masyarakat setempat dapat menjadi jembatan penerapan moderasi beragama.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.