PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MULTI STRATEGI MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA
Kata Kunci:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Multi Strategi, Zat dan PerubahannyaAbstrak
Kebutuhan dan potensi siswa dalam belajar di kelas sangat beragam. Kurikulum Merdeka memberi kesempatan kepada setiap siswa berkembang sesuai minat dan bakatnya masing-masing melalui pembelajaran berdiferensiasi. Terdapat tiga strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi, yaitu konten, proses, dan produk. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu deskripsi, reduksi, dan seleksi. Sumber data dalam penelitian meliputi hasil observasi terhadap diferensiasi konten, diferensiasi produk, dan difernsiasi projek pembelajaran materi zat dan perubahannya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes. Validasi dilakukan secara sirkuler, berulang-ulang dengan berbagai cara dan berbagai sumber. Kesimpulan penelitian adalah diferensiasi konten dilakukan dengan cara menyediakan sumber belajar yang terdiri dari buku siswa, hand out, berbagai macam alat dan bahan pengamatan dan percobaan kerapatan jenis. Diferensiasi produk berupa jawaban LKS, model partikel dari biji yang dibuat siswa, dan peta konsep zat dan perubahannya. Terdapat 5 dimensi P5 yang dapat dikuatkan pada pembelajaran berdiferensiasi dengan multi strategi materi zat dan perubahannya yaitu beriman bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, 2) gotong royong, 3) mandiri, 4) bernalar kritis dan 5) kreatif.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.