IMPLEMENTASI MEDIA PAKARKANGEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENENTUKAN BILANGAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)

Penulis

  • Saiful Niam SD Negeri Kramat 1 Penulis

Kata Kunci:

Pakarkangen, FPB, hasil belajar, ketuntasan belajar

Abstrak

Matematika merupakan ilmu penting dan fundamental yang diajarkan di semua tingkat pendidikan, dan FPB adalah salah satu konsep penting di dalamnya. Idealnya materi FPB dikuasai semua siswa, karena sering diterapkan dalam kehidupan. Namun kenyataannya, hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kramat 1 pada materi FPB sangat rendah. Dari 20 siswa, hanya 5 yang mendapatkan nilai di atas KKM dan 15 siswa nilainya di bawah KKM. Rendahnya perolehan hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran yang masih abtrak dalam menentukan FPB. Peneliti melakukan inovasi pembelajaran dengan penggunaan media Pakarkangen (Papan Karton Kancing Genetik). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi media Pakarkangen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan FPB. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengambilan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mengumpulkan informasi dari angket, observasi, dan dokumentasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media Pakarkangen dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang cukup signifikan. Hasil belajar siswa meningkat 70%, atau yang semula hanya 5 siswa menjadi 19 siswa dari 20 siswa kelas IV yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM. Peningkatan hasil belajar siswa dikarenakan penggunaan media Pakarkangen yang efektif oleh siswa dalam menentukan FPB. Kesimpulan penelitian ini yaitu implementasi media Pakarkangen dapat memahamkan siswa dalam menentukan FPB yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa secara signifikan.

Diterbitkan

2024-05-13