IMPLEMENTASI FUN CAMP CHARACTER (FCC) UNTUK MENINGKATKAN SISWA YANG BERKARAKTER
Kata Kunci:
Covid-19, fun camp, karakter, siswaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter siswa kelas V di SD Negeri Mangunsari 02 Kota Salatiga. Terdapat masalah besar yang muncul ketika pandemi Covid-19 melanda. Pasca pandemic Covid-19 menyisakan masalah besar yaitu tentang karakter ssiwa. Penulis mengambil langkah inovatif untuk mengatasi masalah tersebut. Langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan Fun Camp Character. Program kegiatan ini dilakukan selama 6 hari dari tanggal 17 Januari 2022 sampai 22 Januari 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri Mangunsari 02 Kota Salatiga. Penelitian didesain dengan 3 bagian utama yaitu kegiatan awal (pretest), kegiatan inti, dan kegiatan akhir (posttest). Berdasarkan hasil pretest diperoleh hanya 10 % siswa yang berhasil mendapatkan predikat baik atau diatas Kriteria Ketuntasan Mininal (KKM). Artinya 90 % masih memiliki karakter yang kurang. Kemudian setelah dilakukan Fun Camp Character menunjukkan hasil posttest terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebanyak 100 % siswa sudah di atas KKM dengan predikat baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan Fun Camp Character efektif dalam meningkatkan karakter siswa di SD Negeri Mangunsari 02.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.