IMPLEMENTASI FUN CAMP CHARACTER (FCC) UNTUK MENINGKATKAN SISWA YANG BERKARAKTER

Penulis

  • Dadang Bagus Sancaya SD Negeri Mangunsari 02 Penulis

Kata Kunci:

Covid-19, fun camp, karakter, siswa

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter siswa kelas V di SD Negeri Mangunsari 02 Kota Salatiga. Terdapat masalah besar yang muncul ketika pandemi Covid-19 melanda. Pasca pandemic Covid-19 menyisakan masalah besar yaitu tentang karakter ssiwa. Penulis mengambil langkah inovatif untuk mengatasi masalah tersebut. Langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan Fun Camp Character. Program kegiatan ini dilakukan selama 6 hari dari tanggal 17 Januari 2022 sampai 22 Januari 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri Mangunsari 02 Kota Salatiga. Penelitian didesain dengan 3 bagian utama yaitu kegiatan awal (pretest),  kegiatan inti, dan kegiatan akhir (posttest). Berdasarkan hasil pretest diperoleh hanya 10 % siswa yang berhasil mendapatkan predikat baik atau diatas Kriteria Ketuntasan Mininal (KKM). Artinya 90 % masih memiliki karakter yang kurang. Kemudian setelah dilakukan Fun Camp Character menunjukkan hasil posttest terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebanyak 100 % siswa sudah di atas KKM dengan predikat baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan Fun Camp Character efektif dalam meningkatkan karakter siswa di SD Negeri Mangunsari 02.

Diterbitkan

2024-05-13