PENGGUNAAN MEDIA PADLET BERBASIS GAMIFIKASI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD
Kata Kunci:
media padlet, gamifikasi, pembelajaran IPAAbstrak
Tujuan dari kegiatan penelitian ini antara lain memberikan deskripsi hasil pemberdayaan media padlet berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui hasil survei, observasi dan wawancara saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media padlet berbasis gamifikasi dalam pembelajaran IPA SD memberikan dampak positif dalam pembelajaran IPA SD kelas V khususnya pada materi suhu dan kalor. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata – rata aktivitas siswa sebelum dan sesudah menggunakan media padlet dalam pembelajaran. Dari data yang diperoleh rata – rata aktivitas siswa meningkat dari sebelum menggunakan media padlet sebesar 78% dan mengalami kenaikan persentase menjadi 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media padlet berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA kelas V memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas pembelajaran.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.